Komitmen Bersama Mendongkrak Kinerja Pelaksanaan Anggaran Tahun 2019

djpbgorontalo, 21 Feb 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Gorontalo (21/2) – Selaras dengan komitmen di tingkat nasional dalam mendongkrak Kinerja Pelaksanaan Anggaran Tahun 2019, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo berinisiatif menggelar Sosialisasi Peraturan Terkini di Bidang Pelaksanaan Anggaran. Kegiatan berlangsung tanggal 19-20 Februari 2019 di Aula Mohuyula, diikuti oleh 470 pejabat pengelola keuangan dari 235 satuan kerja lingkup Provinsi Gorontalo.

Sosialisasi dibuka langsung oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo, Fahma Sari Fatma. Dalam sambutannya Fahma mengajak kepada seluruh pejabat pengelola keuangan (Kuasa Pengguna Anggaran, Pejabat Pembuat Komitmen, dan Bendahara) untuk berkomitmen dalam meningkatkan kinerja pelaksanaan anggaran di tahun anggaran 2019 ini. “Seluruh pejabat pengelola keuangan agar meningkatkan perhatiannya terhadap 12 Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA)”, papar Fahma. “IKPA merupakan alat kontrol bagi pengelola keuangan dalam mengawal pelaksanaan anggaran di satuan kerja masing-masing sehingga diharapkan dapat mendongkrak kinerja pelaksanaan anggaran di tingkat Kementerian Negara/Lembaga”, lanjut Fahma. Selain IKPA, isu implementasi kartu kredit pemerintah juga disinggung. “Diperlukan sinergi bersama satuan kerja dan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo dalam rangka mendukung pelaksanaan implementasi Kartu Kredit Pemerintah”, tutur Fahma. “Implementasi kartu kredit pemerintah merupakan kebijakan yang baru dan harus diimplementasikan terhitung mulai tanggal 01 Juli 2019’, sambung Fahma.

Agenda kegiatan dilanjutkan dengan diskusi panel pemaparan materi Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 195/PMK.05/2018 tentang Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Belanja Kementerian Negara/Lembaga (sesi I), materi Evaluasi IKPA Tahun 2018 dan perubahan formula IKPA Tahun 2019 (sesi II), dan materi PMK Nomor 206/PMK.02/2018 tentang Tata Cara Revisi Anggaran Tahun Anggaran 2019. Materi diskusi panel disampaikan oleh Tim Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran I Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo. Sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan komitmen dari pejabat pengelola keuangan satuan kerja terhadap kaidah peraturan kinerja pelaksanaan anggaran. Muaranya tentunya untuk mendongkrak kualitas kinerja pelaksanaan anggaran menuju pengelolaan keuangan negara yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel. (DvL)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu